Kontrak Belajar selama 1 Semester (Mahasiswa dapat mengaplikasikan mekanisme perkuliahan dengan baik)

Selamat bergabung di Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (daring) PGSD UAD dalam mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (0565720/mk46). 

Mata kuliah ini memuat konsep dasar Metode Penelitian dengan fokus utama Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkenaan dengan teknik penyusunan perencanaan dan proposal penelitian serta tindak lanjut penelitian, membahas peran guru sebagai pelaksana PTK melalui teknik pembelajaran tatap, media cetak, video dan web-based dengan menerapkan evaluasi, lisan, tertulis dan evaluasi kinerja diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi tentang penelitian secara umum dan mampu melaksanakan PTK untuk perbaikan pembelajaran. Melalui mata kuliah ini mahasiswa memiliki wawasan tentang Metode Penelitian dan mampu mengembangkan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki kineja pembelajaran di Sekolah Dasar. 

Pada pengembangan mata kuliah ini, terdapat delapan (8) topik/tema yang akan dipelajari oleh mahasiswa. Kedelapan topik tersebut meliputi:

1. Pengertian penelitian, Tujuan dan kegunaan Penelitian

2. Jenis Penelitian,Ruang lingkup dan karakteristik Penelitian Pendidikan

3. Penelitian PTK, Permasalahan pembelajaran yang dapat dikaji dalam PTK

4. Teori, fungsi dan perannya dalam PTK, Kerangka pikir, Hipotesis Tindakan

5. Jenis dan proses Metode pengumpulan Data (Tes dan non tes), Instrumen Pengumpulan data dalam PTK

6. Data, dan Analisis data Analisis data dalam PTK

7  Sistematika proposal, dan Cara menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas

8. Unsur-unsur dalam pelaporan, Penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas

 

Berikut referensi yang dapat Anda gunakan di perkuliahan ini

1.      Wina Sanjaya.  2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

2.      Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara

3.      Vivienne Baumfield, Elaine Hall, & Kate Wall. 2011. Action Research in The ClassroomPenelitian Tindakan Kelas. Terjemah Daryatno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

4.      John W. Creswell. 2016. Research Design Ed. 4 Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

5.      S. Michael Putman&Tracy Rock. 2017. Action researchusing strategic inquiry to improve teaching and learning. California: Sage Publication

6.      Fitriani. 2016. Sukses profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depublish

7.      Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. 2017.  Mengenal penelitian Tindakan Kelas edisi kedua. Jakarta: Indeks.

8.      Miftakul Huda. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

9.      Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

10.  Stephen Kemmis, Robin McTaggart & Ronda Nixon. 2014. The action Research Planner: doing critical participatory action research. Singapore: Springer