Perkuliahan pada mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menyusun kurikulum operasional (dokumen I KTSP) berdasarkan kurikulum 2013 PAUD. Materi kajian pada mata kuliah ini antara lain tentang konsep dasar kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum PAUD, konten dan konteks kurikulum PAUD, berbagai model kurikulum PAUD, DAP, acuan kurikulum PAUD, struktur&muatan kurikulum PAUD, komponen kurikulum operasional PAUD, mekanisme dan prosedur pengembangan kurikulum, acuan kurikulum muatan lokal PAUD, telaah dan simulasi penyusunan kurikulum PAUD. Metode pembelajaran yang digunakan dalam perkuliahan ini antara lain ekspositori, diskusi, project based learning, jig saw, dan experiential learning. Penilaian yang digunakan adalah penilaian proses dan hasil yang meliputi penilaian sikap melalui observasi, penilaian hasil karya, kinerja, CBT UTS, dan Proyek UAS.